Monday, March 31, 2014

SEJARAH KOMPUTER

Komputer berasal dari kata ‘to Compute’ yang bererti menghitung. Secara umum komputer dapat disebut mesin mengira. Maksud komputer adalah suatu alat mengira dengan kontruksi elektronik yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan Operating System menurut program-program yang diberikan kepadanya. Jika kita meninjau sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak boleh terlepas dari sejarah perkembangan alat kira-mengira, kerana pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat hitung.
Buat pertama kalinya seorang pereka teknologi Charles Babbage telah mencipta sebuah komputer yang menguji kecerdasannya secara logik, matematikanya yang sangat istimewa membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Beberapa tahun kemudian munculah John V. Atanasoff dengan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 yang kemudian dianggap rasmi menjadi komputer elektronik pertama. Selang beberapa tahun kemudian munculah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang di perkenalkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Tetapi komp/onen yang digunakan pada komputer – komputer tersebut tidak sama dengan komponen-komponen yang digunakan pada komputer sekarang ini.

Dari masa ke masa selalu saja menusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik, begitu juga halnya dengan penemuan peralatan komputer. Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efesien kerja dari komputer – komputer tersebut bisa  terbagi menjadi empat generasi komputer, yaitu dari sejarah komputer generasi pertama sampai dengan sejarah komputer generasi keempat.

No comments:

Post a Comment